Berikan Hal Yang Telah Anda Dapat Kepada Orang Lain.

Sabtu, 13 Oktober 2012

Algoritma

Untuk masalah untuk instasnsiasi yang kecil kita masih dapat menemukan solusinya dengan mudah dan cepat.Bagai mana jika instansiasinya besar? Misalnya masalah pengurutan, jika = 10000 jelas tidak mudah megurutkan data sebanyak itu. oleh sebab itu, kita perrllu menuliskan prosedur langkah-langkah pengurutan sehingga prosedur tersebut dapat 'dijalankan' oleh sebuah pemroses (lomputer, manusia, robot dan lainnya) untuk menghasilkan solusinya dari instansiasi pengurutanan.Kita katakan langkah-langkah pegurutan untuk memecahkan masalah. prosedur yang berisi langkah-langkah penyelesaian masalah disebut Algoritma.

   Algoritma adalah urutan langkah-langkh untuk memecahkan suatu masalah.

Terdapat beberapa definisi yang lain dari algoritma tetapi pada dasarnya senada dengan definisi yang diungkapkan diatas, yang kita kutip dan berbagi literatur, antara lain:

Algoritma adalah deretan langkah-langkah komputasi  yang mentranformasikan data masukan menjadi data keluaran [COR92].

Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas untuk memecahkan masalah, yaitu untuk memeroleh keluaran yang diinginkan dari suatu  masukan dalam jumlah waktu yang terbatas. [LEV03].

Algoritma adalah prosedur komputasi yang terdefinisi dengan baik yang menggunakan beberapa nilai sebagai masukan yang menghasilkan beberapa nilai yang disebut keluaran. jadi algoritma adalah deretan langkah komputasi yang mentransformasikan masukan menjadi keluaran.[COR86].


mari kta tinjau masalah  megurutkan kartu. jika kita mempunyai setumouuk kartu yang berjumlah = 50 buah, maka secara tradisional lnagkah-langkah yang biasa dilakukan orang kalau mengurutkan kartu adalah dengan mencari kertu dengan nomor terkecil terlebih dahulu, lalu letakkan pada posisi teratas. selanjutkan mencari kartu terkecil seelanjutnya, lalllu letakkan dibawah kartu pertama. begitulah kita mencari nomor terrkecil ketiga, empat dan seterusnya dan sampai tersisa satu kartu terahir dan kita akab meperoleh tumpukan kartu yang seluruh kartunya sudah terurut dari nomor terkecil ke terbesar. langkah-langkah pengurutan 50 buah kartu dapat kita tuliskan seebagai berikut:
1. Cari nomor dengan nomor terkecil.
2. Tempatkan kartu tersebut dalam posisi teratas.
3. Cari nomor kartu terkecil berikutnya.
4. Tempatkan kartu tersebut di bawah kartu pertama.
5. Cari nomer terkecil berikutnya
6. Temoatkan kartu tersebut di bawah kartu kedua.
..   ...................................................................
xx.   Cari nomor kartu terkecil berikutnya.
xxx. tempatkan kartu tersebut dibawah kartu ke 48.
       (tersisa satu kartu lagi, tidak perlu diurutkan lagi).

langkah langkah yang kita tuliskan di atas yang di sebut Algoritma. dikatakan bahwa kita telah mensspesifikasikan algoritma pengurutan. Perhatikan langkah 1 dan 2 masih perlu lagi dirinci lagi. Bagai mana langkah mencari nomor terkecil, bagai mana menenpatkan nilai terkecil pada posisi yang seharusnya, apakah memerlukan proses pertukaran tempat dengan kartu yang lain? hal ini akan kita bahas di posting berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

slide to unlock

sertakan Sumbernya bila anda mau mengcopy paste artikel ini. iPhone Style, slide to unlock dengan jquery dan CSS3 http://djogzs.blogspot.com/#ixzz2cCrWzdJR Under Creative Commons License: Attribution