Berikan Hal Yang Telah Anda Dapat Kepada Orang Lain.

Sabtu, 06 Oktober 2012

Menyuntikkan LXDE atau XFCE di Ubuntu

Ubuntu, pada paket perdananya datang dengan GNOME sebagai desktop environment-nya. Demikian juga Ubuntu 10.04 LTS (Lucid Lynx). Bilamana menginginkan desktop environment lain, tersedia pula paket perdana Kubuntu (KDE), Xubuntu (XFCE), dan Lubuntu (LXDE).
Bagaimana jika sudah terlanjur download, atau hanya memiliki Ubuntu dengan GNOME, namun menginginkan desktop environment yang lain?
Jangan takut jangan kuatir, ini kentut bukan petirdi Google.Co.Id, kalimat ini ditemukan sekitar 994 hasil (0.43 detik)–.
Bilamana sedulur ingin menggunakan KDE, langsung saja menuju ke Synaptic Package Manager, cari kubuntu-desktop, install… Beres deh!
Cara yang sama digunakan bilamana ingin menggunakan XFCE. Setelah selesai silahkan logout dan login kembali dengan mengganti session sesuai keinginan.
Tapi… Jujur saja, sehubungan dengan spesifikasi netbuk yang saya pakai yang termasuk spec-rendah, terpaksa KDE saya singkirkan dari daftar pilihan saya. KDE, bahkan yang untuk netbuk sekalipun, perlu menambahkan seratus mega lebih. Lagi pula dengan memory VGA yang seadanya di netbuk Acerwan generasi pertama yang saya pakai ini, KDE justru membuat kerja jadi lemoty.
Pilihan saya jatuh ke LXDE dan XFCE yang ringan (karena keduanya memang lightweight desktop environment). Namun, walaupun ringan, kedua desktop environment tersebut cukup powerfull, pun bisa digunakan untuk berbagai macam platform terutama di Linux.
Pastikan sedulur sudah terhubung ke internet, buka terminal dan berikut ini cara menyuntikkannya ke Ubuntu (ala gue):

LXDE

sudo apt-get install lxde

XFCE

sudo apt-get install xfce4
Setelah terinstall dengan baik, lakukan logout dan login kembali dengan session berbeda.
Berikut ini tampilan LXDE…
(bentar, saya logout dulu, ganti session untuk ambil skrinsyut selanjutnya(blush)
Dan ini tampilan XFCE
Tampilan LXDE dan XFCE yang ringan cukup membantu kerja komputer spec-rendah seperti yang saya pakai ini. Bila menggunakan batere pun akan menjadi lebih tahan lama. (muscle)
Sedulur yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai kedua desktop environment yang ringan itu, silahkan menuju ke situs LXDE dan situs XFCE.
Bila ingin mempelajari lebih lanjut mengenai KDE, silahkan juga menuju ke situs KDE.
Sebetulnya ada satu lagi yang saya suka yaitu ENLIGHTENMENT. Dulu saya pernah menggunakannya sewaktu masih suka GOS. Namun, saya tidak menyuntikkannya di Ubuntu yang saya pakai sekarang ini.  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

slide to unlock

sertakan Sumbernya bila anda mau mengcopy paste artikel ini. iPhone Style, slide to unlock dengan jquery dan CSS3 http://djogzs.blogspot.com/#ixzz2cCrWzdJR Under Creative Commons License: Attribution