Berikan Hal Yang Telah Anda Dapat Kepada Orang Lain.

Sabtu, 13 Oktober 2012

Kontruksi Dasar Algoritma Runtunan

Suaru runtunan terdiri dari satu atau lebih pernyataan, suatu pernyataan ditulis dalam satu baris atau dipisahkan dengan tanda titik koma (;). Setiap pernyataan dikerjakan secara berurutan (seequensial) sesuai dengan urutannya dalam algoritma, yaitu dilaksanakan setelah langkah sebelumnya selesai dilakukan. Urutan langkah algoritma menentukan hasil akhir suatau algoritma. Bila urutannya dirubah, maka hasil akhirnya mungkin berubah. Runtunan satu atau lebih pernyataan disebut pernyataan gabungan (compound statement).

Sebagai contoh pertama tinjau kembali algoritma yang memperrtukarkan isi ember A dan B: Jika anda lupa Klik disini, untuk  jawabannya klik disini:

Algoritma diatas diatas adalah yang terdiri dari tiga pernyataan. Setiap pernyataan akan dieksekusi secara berurutan sebagai mana yang tertulis dalam algoritma tersebut. Hasil akhir algoritma tersebut adalah ember A berisi air Ember B dan ember B berisi air dari ember A.

Algoritma pertukaran isi ember memberrikan inspirasi bagai mna menukarkan nilai dari dua peubah (ariable). Misal nilai A berisi nilai 8 dan peubah B berisi nilai 5. kita ingin mempertukarkan nilai  A dengan nilai B sedemikian nilai A adalah 5 dan B adalah 8. Jika andda menulis algoritmanya seperrti ini:

Masukkan nilai A ke dalam B
Masukkan nilai B ke dalam A

Maka hasilnya akan A=8 dan B=8, tidak terjadi pertukaran karena algoritmanya salah. Agar pertukaran keduanya benar, maka kita memerlukan peubah baru, misalkan C, sehingga algoritmanya menjadi:

Masukkan nilai A kedalam C
Masukkan nilai B kedalam A
Masukkan nilai C kedalam B

Jika anda mau melihat gambarnya tunggu sebentar ya....
nich saya kasih:



Sebelum Pertukaran:








Proses pertukaran:














Setelah pertukaran:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

slide to unlock

sertakan Sumbernya bila anda mau mengcopy paste artikel ini. iPhone Style, slide to unlock dengan jquery dan CSS3 http://djogzs.blogspot.com/#ixzz2cCrWzdJR Under Creative Commons License: Attribution